August 4, 2013

Komitmen Seorang Penulis

Menjadi seorang penulis bukan sekedar pekerjaan, bukan hanya sebuah tempat untuk mencurahkan hasil pikiran. Penulis seorang yang memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan apa yang menjadi tujuanya.

Menjadi penulis atau seorang jurnalis memang tidak hanya sekedar memiliki kecepatan untuk merangkai kata menjadikan sebuah tulisan dalam bentuk rangkaian kalimat dan paragraf. Namun menjadi seorang penulis itu juga mudah dan menyenangkan, mudah karena menulis merupakan kesenangan tersendiri sama seperti hobi dan seni. Menulis akan lebih menyenangkan ketika mampu memberikan kemanfaatan dan kebahagiaan bagi orang lain.


Memang menulis tidak mudah dilakakukan bagi kebanyakan orang, tapi siapa saja bisa membuat tulisan, sebab menulis hanya butuh pembiasaan. Sebagaimana seorang seniman, olah ragawan, musisi dan sebagainya. Karena terbiasa itulah menulis itu menjadi mudah, dan segala profesi dan hobi itu juga demikian, ketika kosisten dalam melakukan pekerjaan tersebut akan semakin mudah dan terbiasa. 


Hal ini bisa dianalogikan anak kecil yang sedang belajar mengendarai sepeda, terjatuh dan terus ingin belajar itu pasti ditemui, namun ketika terjatuh pada kesalahan dan menjadi trauma, kemudian enggan melakukan lagi justru menjadi masalah dan tidak akan bisa. 



Dalam melakukan apapun ketika melakukan kesalahan itu wajar, cacian, ketakutan dan kekhawatiran itu sudah menjadi bagian dari proses belajar tersebut. Ketika mengalami salah boleh kita berhenti untuk mengistirahatkan diri, kemudian ketika sudah sedikit lega dan trauma itu terkikis, mulailah kembali untuk terus belajar.

By: Akhmad Khoirudin
04 Agustus 2013
Kantor di Kapanlagi A-1

No comments:

Post a Comment