December 17, 2012

Langkah Hidup "Meringankan"

Dalam pagi yang bersolek, mengejar diri mencari Rizki, demi tuntutan perut tercukupi. Tidak hanya butuh sebuah pemikiran dan analisa untuk menggapai semua, sebuah semangat dan menikmati segala rasa yang diterpa merupakan keindahan.

Setiap manusia pasti memliki tuntutan untuk bertahan hidup, mencukupi kebutuhan sehari-hari. Karena hidup tidak cukup dengan berdiam diri kemudian kita dapatkan semua yang kita butuhkan. Jika demikian pastinya bukan manusia biasa, semua butuh kerja untuk memenuhi berpenghasilan dan dapakan kebutuhan.

Memang berat semua untuk dilakukan, karena belum menjadi kebiasaan, semua jika sudah biasa maka tidak ada rasanya, baik itu berat atau sulit. Awalnya biasanya kita takut akan dicaci, atau dianggap buruk oleh orang lain, hal ini yang akhirnya menjatuhkan mental kita untuk melakukan sesuatau padahal itu untuk diri kita  sendiri dan kita sendiri yang melakukan, "orang lain hanya bisa menilai, memuji atau memaki".

Ada peristiwa aneh tapi jika sudah dibiasakan tidak ada yang komentar lagi, KH. Jamaluddi Ahmad mencontohkan: seorang kyai suatu pagi menyapu halaman pesantren, pada awal sang kyai melakukan hal itu semua santri pada heran kenapa kyai tidak menyuruh pada para santri saja, pada hari kedua kyai itu juga menyapu halaman pesantren lagi, para santri hanya bisa bilang "kok kyai melakukanya lagi". kemuadian pada hari yang ketiga, kyai melakukan hal yang serupa, santri hanya bisa mengatakan dalam hatinya "mungkin ini amal istiqomah yang dilakukan kyai". Kemudian pada hari-hari selanjutnya sudah tidak ada yang berkomentar atau mengganjal lagi.

Dari contoh ini kita bisa mengambil nilai: pertama, jika kita malu atau takut dikatakan hina dalam melalkukan sesuatu yang kita yakini mampu dan benar maka lakukan saja, ucapan negatif itu akan habis dalam dua tiga hari. Kedua, Sesuatu yang berat atau sulit ketika kita melakukannya setiap hari dan konsisten, maka akan semakin mudah. Ketiga, orang lain hanya mampu melihat sesuatu dari luarnya saja, dalamnya sebuah pekerjaan adalah dalam diri kita sendiri.

Semoga semangat dalam menjalani hidup keseharian, menjadi pelang kehidupan, dengan cahaya bahagia, kita ayunkan langkah untuk memulai hari ini, mengambil setiap sendiri pelajaran kehidupan, menuai penglaman dalam setiap langkah, menuliskan dalam sejarah kehidupan. Semua orang pasti mampu untuk melakuka apa yang dibutuhkanya...


Cairudin:18des2012

2 comments: