July 8, 2013

Menyambut Ramadhon di 2013

Banyak hal yang akan berbeda untuk Ramadhan kali ini, pada tahun sebelumnya menjalankan puasa Ramadhan bersama teman-taman kontrakan. Untuk sekarang sudah ada tuntutan kerja, harus bertahan dalam keadaan melelahakan. Seculi do'a dari dalam hati "semoga diri diberikan kebahagian, keberkahan dan kemanfaatan dalam menjalankan"

Sebelumnya diri belum terikat pada sistem dunia kerja, namun juga tidak bebas karena masih bersetatus seorang mahasiswa, sistem pendidikan kampuslah yang mengikat diri. Namun kehidupan memang tidak pernah berhenti merasa tidak mampu, membandingkan dengan kehidupan sebelumnya dan berambisi untuk menjadi lebih baik, tetap saja sama untuk sekarang, cuma berbeda lingkungan dan kesibukan.


Ya... inilah kehidupan yang tetap berjalan meski manusia enggan untuk menjalankan. Semua sudah otomatis akan berjalan sendiri, tinggal memilih mana jalur yang akan di tempuh. Namun kehidupan juga mempunyai tujuan, tidak hanya mengalir dalam arus air berjalanya waktu, Manusia sendiri yang menentukan tujuan itu.

Ramadhon juga punya tujuan, tinggal pada setiap pribadi muslim memaknai. Ramadhon juga bisa menjadi permainan dan perbedaan, Permainan para pejabat terkait untuk mencari nama, permainan para pedagang untuk mencari keuntungan besar. Perbedaan pendapat antar golongan, perbedaan dalam ritual dan pendekatan, perbedaan landasan dalil yang dibenarkan dan banyak lagi...


Namun Romadhan bukan untuk itu dalam pikiran ceroboh, kwajiban puasa ramadhan agar setiap orang merasakan kesusahan orang lain yang tidak berdaya, minimal dalam segi lapar. Puasa untuk menahan semua yang dilarang, agar manusia menahan diri dari menguasai hak milik orang lain, menghapus nafsu serakah dalam menguasai segalanya....

Welcom Ramadhan....!!!

No comments:

Post a Comment